ut

Rabu, 25 Maret 2015

Ronde Keperawatan



RONDE KEPERAWATAN


A.      Pendahuluan
Pelayanan  keperawatan  pada klien secara profesional dapat membantu klien dalam mengatasi masalah keperawatan yang  dihadapi klien. Salah satu bentuk pelayanan keperawatan yang profesional tersebut dengan memperhatikan seluruh keluhan yang dirasakan klien kemudian mendiskusikannya dengan tim  keperawatan untuk merencanakan pemecahan masalahnya.
Pelayanan keperawatan yang perlu dikembangkan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan ronde keperawatan. Dimana ronde keperawatan merupakan sarana bagi perawat baik perawat primer maupun perawat assosiate untuk membahas masalah keperawatan yang terjadi pada klien yang melibatkan klien dan seluruh tim keperawatan termasuk konsultan  keperawatan. Salah satu tujuan dari kegiatan ronde keperawatan adalah meningkatkan kepuasan klien terhadap pelayanan keperawatan.

B.  Tujuan
1.  Memudahkan cara berpikir kritis
2.  Menumbuhkan pemikirkan tentang keperawatan yang berasal dari masalah klien
3.  Meningkatkan validitas data klien
4.  Meningkatkan kemampuan dalam menilai hasil kerja
5.  Meningkatkan kemampuan untuk memodifikasi rencana keperawatan

C.      Pelaksanaan
1.     Waktu
Hari / tanggal     : Kamis, 12 Maret 2015
            Tempat               : Ruang Aster H
            Materi                 : Ronde Keperawatan
2.     Persiapan
a.      Penetapan kasus minimal satu hari sebelum waktu pelaksanan ronde
b.     Pemberian informed consent kepada klien dan keluarga


3.     Pelaksanaan Ronde
a.      Penjelasan tentang klien oleh ronde perawat primer dalam hal ini penjelasan difokuskan pada masalah keperawatan dan rencana yang akan atau dilakukan dan memiliki priorita yang akan didiskusikan
b.     Diskusi antar anggota tim tentang kasus tersebut
c.      Pemberi justifikasi oleh perawat primer atau perawat konselor/manajer tentang masalah klien serta rencana tindakan yang akan dilakukan.
d.     Tindakan keperawatan pada masalah prioritas yang telah ada yang akan ditetapkan
4.     Pasca Ronde
a.      Mendiskusikan hasil temuan dan tindakan pada klien tersebut serta menetapkan tindakan yang perlu dilakukan.
b.     Bagaimana peran perawat primer dan perawat associate dalam pelaksanaan pengorganisasian ronde.

D.      Sasaran
Klien Tn “T” umur 61 tahun dengan Benigna Prostat Hiperplasia

E.      Metode
       Ronde keperawatan (Nursing round)

F.       Peserta
Peserta ronde keperawatan meliputi :
1.     Mahasiswa Program Studi Ilmu keperawatan Universitas Sriwijaya
2.     Pembimbing klinik dari RSMH Palembang ( CI / Kepela Ruangan)
3.     Keluarga pasien
4.     Pasien

G.     Media
1.     Ruang perawatan sebagai sarana diskusi
2.     Status klien
3.     Alat bantu demonstrasi

H.      Evaluasi
1.   Persiapan ronde keperawatan
2. Pelaksanaan ronde keperawatan
3. Peran masing-masing tim dalam pelaksanaan ronde keperawatan





























PRE PLANNING RONDE KEPERAWATAN
ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN Tn ”T”
DENGAN BPH DI RUANG ASTER H
RUMAH SAKIT DR.MOH HUSEIN PALEMBANG

Topik          : Asuhan Keperawatan Pada Klien Tn “T” Dengan Kasus Benigna Prostat Hiperplasia
Sasaran            : Klien dan Keluarga
Waktu             : 10.00 WIB s.d Selesai
Hari / Tanggal : Kamis, 12 Maret 2015

A.   Tujuan
1.   Tujuan Umum
Menyelesaikan masalah-masalah keperawatan klien yang belum teratasi
2.   Tujuan Khusus
a.      Menjustifikasikan masalah yang belum teratasi
b.     Mendiskusikan penyelesaian masalah dengan perawat

B.      Sasaran
Klien Tn “T” umur 61 tahun, dirawat di Ruang Aster H Kamar 7 Rumah Sakit Dr.  Moh Husien Palembang.

C.    Materi
1.     Teori keperawatan pada klien Benigna Prostat Hiperplasia
2.     Masalah – masalah yang muncul pada Benigna Prastat Hiperplasia

D.      Metode
Ronde Keperawatan.

E.    Media
1.     Materi di sampaikan secara lisan
2.     Leaflet.

F.       Proses Ronde
Tahap Orientasi
1.     Memperkenalkan tim keperawatan yang melaksanakan ronde pada klien dan keluarga
2.     Memperkenalkan klien pada anggota tim ronde keperawatan
            Tahap pelaksanaan
1.     Menjelaskan tujuan ronde keperawatan kepada klien dan keluarga untuk bertanya tentang masalah kesehatan dan keperawatan klien
2.     Menjawab pertanyaan klien dan keluarga
3.     Menutup kegiatan ronde

G.   Kriteria Evaluasi
1.     Bagaimana koordinasi dan persiapan ronde
2.     Bagaimana peran perawat primer dan perawat associate pada saat ronde

H.    Pengorganisasian
1.     Moderator                   :
2.     Penyaji                                    :
3.     Perawat                       :
4.     Perawat Assistant       :
5.     Fasilitator                   :
6.     Tim Perlengkapan      :          








Tidak ada komentar:

Posting Komentar